Minggu, 04 Juni 2017

Cara Membuat PC atau Laptop menjadi Wifi Hotspot dengan mHotspot

Kalian yang memiliki komputer atau laptop dan pasti ingin menjadikannya sebagai wifi hotspot untuk saudara atau teman-teman kalian. Sekarang tidak hanya Android yang bisa dijadikan sebagai wifi hotspot atau tethering internet, PC/laptop pun juga bisa sebagai wifi untuk sharing internet. Selama laptop kalian memiliki sambungan internet, kalian bisa memanfaatkannya untuk berbagi internet bersama teman-teman.
Singkat cerita, saat itu saya dan saudara ke telkom untuk menikmati wifi, dikarenakan kartu wifinya tinggal 1, akhirnya dengan searching di internet, saya menemukan aplikasi ini untuk bisa berbagi internet dengan saudara saya dengan menjadikan laptop saya sebagai pusat wifi.
sebenarnya banyak aplikasi untuk bisa menjadikan pc/laptop sebagai hotspot wifi, tetapi aplikasi mHotspot ini yang paling simple dan mudah penggunannya.


mHotspot adalah sebuah aplikasi untuk bisa menjadikan pc/laptop kalian sebagai wifi hotspot untuk bisa sharing internet dengan saudara atau teman-teman kalian. Aplikasi ini gratis dan juga mendukung sistem operasi Windows apapun. Kali ini saya menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan berikut ini tutorial menggunakan aplikasi mHotspot yang akan saya berikan.
check this out...





Yang harus dipersiapkan yaitu:
1. Pastinya pc/laptop yang akan dijadikan hotspot atau pusat wifi
2. Pastikan kalau pc/laptop kalian memiliki jaringan WIFI yang aktif, jika belum aktif bisa diatur di control panel
3. Siapkan koneksi internet yang ada, seperti modem, WIFI atau koneksi internet lainnya
4. Jika sudah semua, kalian tinggal download mHotspot disini



Langkah-langkahnya:
1. yang pertama kalian install dulu aplikasi yang sudah kalian download diatas.
2. Aktifkan koneksi internet kalian.
3. Buka dan jalankan aplikasi mHotspot, maka akan tampil seperti berikut.



4. Lalu kalian isikan hotspot name dan password sesuai keinginan (password minimum 8 karakter). Untuk Internet Source yaitu bisa diisi sesuai sumber internet yang akan kalian pakai. Max Clients yaitu untuk membatasi berapa jumlah maksimal client yang akan terhubung dengan hotspot kita dan bebas kalian isi sesuai kebutuhan. Setelah itu kalian tekan tombol Start Hotspot.



5. Setelah hotspot diaktifkan, maka akan muncul tulisan succes seperti gambar dibawah ini.





Manfaat sharing wifi hotspot dengan laptop:
1. yang pertama pastinya agar bisa mengirit kuota internet kalian. Karena cukup dengan satu perangkat saja bisa dipakai oleh beberapa devices lainnya sepeti laptop, pc dan smartphone.
2. Bisa berbagi internet dan memiliki kecepatan lebih baik dari bluetooth untuk bisa mengirim dan menerima file.
3. Bisa bermain game bareng dengan teman-teman dijaringan Wifi Anda.  

Sekian dari postingan saya tentang cara berbagi wifi hotspot dengan laptop, semoga dapat bermanfaat.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar