Rabu, 14 Juni 2017

OS Android Terbaru (Android 6.0 Marshmallow)

Operating System (OS) dalam Android akan selalu ditambah dan dirilis yang terbaru oleh pengembangnya. Kalian pasti tau kalau OS Android selalu dirilis menurut abjad. Uniknya dari keseluruhan nama-nama dari OS Android selalu berupa makanan kecil, manis atau biasa disebut sebagai makanan penutup. Pastinya kalian bingung dan memikirkan kenapa Google memberi nama OS Android dengan makanan yang manis-manis. Tetapi sampai saat ini perusahaan Google belum memberitahu alasannya, dan itu masih menjadi rahasia oleh Pihak Google sendiri. Tetapi ada salah satu alasan yang paling manis yaitu berupa harapan agar semua para teknisi dan pengembang Android bisa merasakan manisnya sebuah kesuksesan setelah Android terbarunya diluncurkan.

Kali ini saya akan membahas OS Android 6.0 terbarunya yaitu Marshmallow. Android Marshmallow adalah sistem operasi yang resmi diluncurkan oleh Google pada 17 Agustus 2015 bertepatan dengan hari Kemerdekaan Negara kita Republik Indonesia. Bersamaan dengan itu didepan kantor besar Google yang terletak di Mountain View California terdapat patung besar yaitu sebuah Robot Hijau Android yang membawa makanan berupa Marshmallow bewarna putih. Seperti halnya Lollipop yang berupa permen Lolipop berwarna-warni, Marshmallow adalah sejenis makanan kecil atau permen gula yang memiliki bentuk silinder kecil. Dibandingkan OS Lollipop tentunya Android Marshmallow 6.0 juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Sekarang sudah banyak smartphone yang mengusung OS Android Marshmallow. dan untuk smartphone yang masih dibawahnya yaitu Lolipop, nantinya akan bisa diperbarui ke Android terbarunya yaitu 6.0 Marshmallow, yang tentunya membuat tampilan dan performa lebih menarik dari OS sebelumnya.

Kali ini saya akan memberi penjelasan tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Android 6.0 Marshmallow.
Kelebihan Android Marshmallow 6.0.
1. Mendukung Fingerprint
Smartphone atau tablet yang telah mengusung sistem operasi Android Marshmallow versi 6.0 memang cukup memperhatikan keamanan untuk penggunanya. Dengan demikian versi Android terbaru yang diluncurkan ini telah mendukung sistem Fingerprint yaitu pemindai sidik jari yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mode penguncian ponsel maupun autentikasi beberapa transaksi online.
2. Mendukung Android Pay
Peluncuran Android Pay atau pembayaran Android dengan koneksi NFC oleh Google memang siap menjadi pesaing Samsung Pay dan Apple Pay. Dalam gadget yang telah dimotori oleh sistem operasi Android Marshmallow telah mendukung pembayaran Android dari Google atau Android Pay. Dengan demikian pengguna akan lebih mudah dalam bertransaksi online dan melakukan pembayaran secara langsung melalui smartphone.
3. Irit Baterai
Dibandingkan sistem operasi terdahulunya yang boros baterai, Android Marshmallow  ini memiliki kelebihan irit dalam pemakaian daya baterai. Dengan demikian kinerja smartphone akan lebih optimal dan memiliki waktu siaga lebih lama karena OS Android Marshmallow ini lebih hemat dalam pemakaian daya baterainya.
4. Mendukung Fast Charging
Beberapa smartphone kelas menengah atas telah mendukung fitur fast charging atau kemampuan mengisi baterai yang lebih cepat. Namun dalam sistem operasi Android Marsmallow terbaru ini, smartphone yang tidak memiliki fitur fast charging akan tetap merasakan kemampuan charging yang lebih cepat. Selain itu Android Marshmallow juga akan kompatibel dengan port USB terbaru yaitu USB Type-C dimana salah satu kelebihannya mampu mentransfer daya yang lebih cepat.
5. Mendukung App Permisions
Fitur App Permisions merupakan fitur penyesuaian ijin dalam sebuah aplikasi yang dapat disesuaikan dengan penggunanya. Dapat dimisalkan pada aplikasi BBM, Whatsapp dan lain lain jika kita tidak mengijinkan penggunaan kamera, maka aplikasi akan secara otomatis tidak dapat menggunakan kamera dalam smartphone.
6. Mendukung Auto Back-Up
Fitur ini memungkinkan pengguna smartphone OS Android Marshmallow dapat menyimpan aplikasi ke Google Drive dengan kapasitas maksimal 25 MB. Dengan demikian jika pengguna mengganti ponsel tidak perlu mengatur ulang aplikasi yang sudah pernah digunakan.

Kekurangan Android Marshmallow 6.0
Kekurangan dalam Android Marshmallow 6.0 sendiri belum ada keterangan lanjutan dari Google. Namun tentunya sebagai sistem operasi terbaru yang rilis di paruh kedua 2015, Android Marshmallow juga memiliki kekurangan yang bersifat umum atau sewajarnya sebagai OS terbaru yakni:
1. Belum tersedia pada semua perangkat smartphone Android. Tetapi jangan khawatir untuk Smarpthone yang belum mengusung OS Marshmallow, nantinya juga akan bisa menikmati OS Android ini melalui pembaruan sistem jika Google sudah meng-upgrade OS ini di beberapa smartphone Android.
2. Jika mendukung Upgrade OS Marshmallow, membutuhkan waktu yang cukup lama.
3. Yang pasti juga memakan sedikit ruang memori untuk upgrade ke Android 6.0 Marshmallow.

Sekian postingan dari saya tentang OS android Marshmallow 6.0. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar